No Image Preview
No Image Preview
No Image Preview

Mike Herrera (MXPX) Interview about S.I.D


Mike Herrera, vokalis sekaligus pemain bas MXPX menyempatkan waktu untuk melakukan interview dengan Whatzup sebelum dia manggung dalam acara “MXPX Secret Weapon Tour 2008” di Hall Basket Senayan Jakarta. Pria bernama asli Michael Arthur Herrera yang juga memunyai side projects Arthur, the Cootes dan Tumbledown ini, bercerita tentang kekagumannya terhadap Superman Is Dead, opini soal kemunculan band-band baru hingga strategi bagaimana sebuah band bisa bertahan. Just read it!

WhatZup :Mike, apakah sebelumnya Anda pernah mendengarkan lagu band dari Indonesia?
Mike : Saya hanya mendengar berita bahwa banyak band bagus di negeri ini. Malam ini adalah pertama kalinya saya mendengarkan sekaligus menyaksikan penampilan band rock dari Indonesia. Superman Is Dead.

WhatZup : Jujur, apakah Anda menyukai band tersebut?
Mike : Band ini mampu membuat saya terkesima. Aksi panggung mereka dahsyat, dan saya pun menyukai lagu-lagunya. Progresi materinya sangat agresif!

WhatZup : Apa komentar Anda dengan begitu banyaknya band-band baru yang muncul dengan jenis musik yang berbeda-beda?
Mike : Di satu sisi kita semakin memunyai banyak kesempatan untuk mengetahui jenis musik baru dan memilih band apa yang kita suka. Begitu banyak band bermunculan dengan materi lagu yang luar biasa! Saya cukup mengikuti perkembangan ini, dan saya kaget, ternyata kebanyakan band-band ini berasal dari negara-negara kecil. Menurut saya media internet lah yang paling berjasa dalam mempromosikan karya-karya band tersebut. Di sisi lain, hal ini menyebabkan persaingan semakin ketat. Mau tidak mau band-band ini harus berjuang habis-habisan untuk mencari masa yang loyal terhadap musik mereka, dengan cara terus melakukan eksplorasi terhadap materi-materi lagunya. Banyak juga band yang jatuh bergelimpangan karena mereka tidak berusaha mengembangkan musiknya. Pendengar musik jaman sekarang semakin pintar, dan mereka lebih loyal terhadap band-band yang bisa menghasilkan album yang lebih baik dari album sebelumnya. Banyak juga band-band yang musiknya sangat segmented, di mana mereka hanya memainkan musik yang mereka suka. Saya salut terhadap band-band tersebut, ternyata mereka pun memunyai masa fanatik. Jadi kembali lagi kepada orientasi maupun strategi masing-masing, money oriented atau ingin bermusik hanya untuk kesenangan pribadi.

WhatZup : Bagaimana cara agar kita bisa lebih menikmati musik MXPX dengan menyenangkan?
Mike : Mungkin musik kita akan lebih kena di telinga saat Anda melakukan kegiatan extreme sports seperti snowboarding, surfing atau skateboarding. Atau bisa juga ketika Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi!

WhatZup : Akan seperti apa musik MXPX di album selanjutnya?
Mike : Lagu-lagunya akan lebih energik, progresif, serta banyak menyusupkan melodi gitar yang sangat cepat. Kita akan banyak menghadirkan materi lagu yang bertempo kencang dari sebelumnya.

WhatZup : Ada rencana menjual lagu melalui internet?
Mike : Sebenarnya banyak resiko bila band kita belum terlalu besar dengan melakukan penjualan melalui internet. Tapi saya setuju dengan metoda ini. Untuk band sebesar Radiohead yang telah melakukan cara itu, mungkin hal ini tidak menjadi masalah, karena fans mereka tersebar di seluruh penjuru dunia. Saya yakin, mereka menghabiskan banyak uang untuk hal ini. Namun kemungkinan mereka untuk meraup keuntungan yang sangat besar begitu masuk akal.

Teks & Foto : Nicko Krisna

MxPx Secret Weapon Indonesian Tour 2008

Allloowwhaaa… kawula muda!!! Kemaren tepatnya tanggal 13 Januari 2008, gw berkesempatan buat nonton aksi ciamik band Christian Punk yang digawangi oleh Tom pada Gitar, Mark pada Bass, dan Yuri pada Drum di MXPX Secret Weapon Indonesian Tour 2008! Gimana rasanya? Waaawwww… keren banget!

Konser MXPX yang diadain di Hall A Basket Senayan Jakarta Selatan ini emang udah lama ditunggu – tunggu oleh kawula muda. Ternyata, banyak banget kawula muda yang udah nunggu kedatangan band ini sejak 10 tahun lalu lhooo. Makanya begitu mereka konser, langsung deh dimanfaatkan sebaik-baiknya hehehe... Acara yang dimulai dari jam 7 malam ini dibuka oleh penampilan dari band–band lokal yang gak kalah keren sama MXPX, yaitu For Nu Fan, Superman Is Dead, dan Rocket Rockers.

Sayang gw gak ngeliat aksi keren dari For Nu Fan, karena gw masih berada di luar venue. Maklum, gw ketemuan dulu sama teman-teman dari Prambors Bandung. Tapi kalo kata temen gue, For Nu Fan main empat lagu dan penampilan mereka keren banget! Agak sedikit menyesal sih gw gak bisa nonton aksi mereka, karena udah lama banget gw gak mendengar nama band itu dalam per-gigs-an ibukota. Moga-moga gue bisa nonton aksi mereka di lain waktu. Amien!

Penampilan kedua adalah Superman Is Dead. Dan mereka juga tampil keren banget! Adrenalin penonton pun langsung meningkat dan moshing–moshing kecil pun terjadi di depan panggung. Lagu dari album paling baru sampai album pertama dibawain Eka, Jerink dan Boby. Penampilan mereka ditutup dengan lagu lama mereka Kuta Rock City yang membuat penonton bernyanyi dan moshing bareng.

Band terakhir yang menjadi pembuka MxPx Secret Weapon Live In Concert yaitu Rocket Rockers! Mereka memanfaatkan kesempatan sebagai band pembuka MxPx dengan penampilan yang gokiiil! Saking terpananya mata gw melihat aksi Ucay (vokalis Rocket Rockers) yang naik ke atas pilar yang ada di sisi kanan panggung, gw sampe gak memerhatikan berapa lagu yang dibawain oleh Rocket Rockers kemaren malem hehehe… Penampilan mereka memang pol! Tapi kayaknya promotor harus lebih memperhatikan rundown pengisi acara nih, soalnya pas RR maen, adrenalin penonton sepertinya agak drop. Nggak seperti pas S.I.D manggung. Terlihat dari banyaknya kawula muda yang duduk-duduk pas RR main. Dan banyak juga kawula muda yang kecewa karena ketinggalan S.I.D. Disangkanya band asal Bali ini maen terakhir sebelum MXPX hehehe ;p

Akhirnya, jam 21.15 MXPX pun muncul! Kalo gak salah nih, mereka ngebawain 15 lagu yang sukses membuat semua penonton bernyanyi dan bermoshing bersama. Terlihat penonton di festival membentuk beberapa kelompok moshing. Sedangkan yang berada di tribun nggak kalah aksi dengan ikutan bernyanyi walau harus sambil berdiri hehehe… Btw, Mark sempat mengajak penonton untuk duduk lho. Asli, dia mengucapkan dalam bahasa Indonesia. Katanya nih, “Ok everybody, I want you to sit down.. duduk.. ayo duduk..duduk…”, pintanya. Hehehe… semua penonton langsung kompakan buat duduk lho. Abis itu pada hitungan ketiga, semuanya langsung melompat! Pokoknya seru banget!

Ada satu moment seru malam itu, yaitu waktu Mark mau ganti Bass, salah seorang Crew MxPx melempar bass kepada Mark dan Mark melempar bass-nya kepada crewnya itu. Waw.. pasti mereka sudah sering latihan sebelumnya, mulus banget cing. Kebayang gak sih kalo misalnya mereka sama–sama gak pas ngelemparnya? Nggak cuma itu, Mark dan Tom juga saling tukeran gitar dan bass. Keren!

Suasana semakin panas saat ditengah – tengah lagu Chicks Magnet dimainkan Mark memanggil Eka ”Rock” Basist Superman Is Dead untuk memainkan bass-nya. Kolaborasi ini asli dadakan lhooo... Gara-gara dicecokin lagu Kuta Rock City-nya S.I.D, Tom sampai penasaran ngeliat aksi mereka pas jadi opening act. Ternyata MxPx suka! Jadilah Eka diajak buat kolaborasi dadakan hehehe. Seru!!!

Sekitar 5000 orang kawula muda memenuhi Hall Basket A Senayan Jakarta di konser tersebut. Sempet gw ngeliat ada bapak–bapak bule yang ikutan moshing. Wah, MxPx emang dahsyat! Gak salah donk kalo kawula muda ada yang udah menanti kehadirann MxPx sejak SMP. Hasilnya, satu kawula muda sempat pingsan dan barikade depan panggung ekstra kerja keras menahan adrenalin penonton yang tingginya gila-gilaan. Untungnya konser MxPx tetap berjalan dengan mulus sampai akhir acara. Salut buat promotor dan keamanan konser!

Gw juga sempet nemuin ketiga trio punk asal Amerika tersebut di Hotel Century Atlet Senayan tempat mereka menginap. Rencananya sih, janjian di lantai 9 bareng promoter. Tapi ternyata gw dan produser Riot, Titaz, berpapasan dengan Mark dan Yuri di Lift! Setelah Titaz ngobrol dengan mereka tentang rencana kita, Mark dan Yuri mengajak ke kamarnya Tom. Jadilah kita interview disana hehehe. Aduh, grogii abiiyz, cuuiiyy! Untungnya mereka asik dan baik banget. Waaahh.. beruntunglah gw pada malam itu hehehehe (iye, tapi sempet ada yang speechless gitu waktu ditanya sama Mike hehehe –Titaz).

Well, konser MxPx malam ini memang keren! Dan semua penonton pun pada bilang kalo mereka puas banget sampe pooool! Well, kalo Yuri bilang, MxPx bakal balik lagi kesini. Soalnya mereka seneng banget ngeliat betapa antusiasnya penonton Jakarta hehehe... Yah, moga-moga mereka beneran dateng yawww! O iya, jangan lupa tungguin juga video interview dan konser MxPx di www.pramborsfm.com ya!

Nah, ada bocoran sedikit nih! Denger–denger Lian Mipro bakalan ngundang Bleeding Through buat main di Jakarta bulan Februari–Maret ini. So siapin diri kamu buat dateng ke konsernya yaa. Biar nggak ketinggalan info-nya, jangan lupa dengerin Prambors Thursday Riot! Sampai jumpa di konser–konser berikutnya yaa! (Tibaz / Titaz)
Superman Is Dead on Facebook
     
No Image Preview No Image Preview No Image Preview
Right click to save and see the images actual size
Back
 
Superman Is Dead on Facebook
 

Superman Is Dead 2008